Profil

Universitas Abdurrab (Univrab) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berazaskan islam dan berpedoman pada Alquran, Sunnah Rasul dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dibentuk untuk melaksanakan tugas pokok di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Universitas Abdurrab. Universitas Abdurrab saat ini mempunyai 4 Fakultas, 11 Program Studi dan 2 Pusat Studi yaitu:

  1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Kedokteran
  • Keperawatan
  • Analisis Farmasi dan Makanan
  • Fisioterapi
  • Kebidanan
  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Pemerintahan
  1. Fakultas Teknik
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  1. Fakultas Psikologi
  • Psikologi
  1. Pusat Studi Wanita
  2. Pusat Studi Budaya Melayu

1. Capaian Rencana-rencana Yang Sudah Ada

Dalam bidang sumberdaya manusia peneliti, Univrab mempunyai 88 orang yang 88,8% berpendidikan S2 dan 1,2% S3 dengan usia rata-rata kurang dari 40 tahun. Universitas mulai memberikan hibah penelitian kepada dosen mulai tahun 2014 sebagai stimulus kepada dosen untuk meneliti dan mengabdi. Dampaknya mulai terlihat pada tahun 2016 dimana 3 dari 10 proposal penelitian skim dosen pemula yang diajukan ke DRPM KemenristekDikti dinyatakan didanai, tahun 2017 didanai 16 penelitian dan tahun 2018 didanai 18 penelitian dan 2 PPM. Disamping itu untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya dosen dalam penelitian, pada akhir tahun 2015 dilakukan kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian yang dibiayai dari Hibah DRPM KemenristekDikti, Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian yang dibiayai sendiri. Dampak yang diharapkan adalah meningkatknya kualitas dan kemampuan dosen untuk meraih memperoleh dana hibah penelitian dan pengabdian dari KemenristekDikti.

Di bidang manajemen penelitian, LPPM menyusun roadmap Penelitian dan PPM sebagai acuan bagi dosen Universitas Abdurrab, serta menyediakan Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam upaya membantu publikasi hasil-hasil penelitian, LPPM mempunyai 13 Jurnal Penelitian dan 1 Jurnal Pengabdian. Selain itu LPPM menstimulus dosen dengan memberikan insentif bagi dosen yang mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional terindeks.

Beberapa hal yang masih belum mampu dicapai hingga saat ini khususnya di bidang manajemen riset, antara lain: belum memiliki database yang memadai, terutama menyangkut publikasi hasil-hasil penelitian, keikutsertaan peneliti dalam berbagai forum ilmiah, dan lain-lain serta sistem penjaminan mutu penelitian yang belum berjalan secara efektif. Di sisi lain, pusat-pusat penelitian yang ada di Univrab belum mampu mengakomodasikan kebutuhan dan kemampuan sebagian besar dosen dan/atau mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan penelitian. Selain itu, hasil penelitian yang telah memperoleh hak paten (HAKI) belum ada. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kualitas sebagian besar hasil penelitian masih relatif rendah. Persaingan dalam publikasi hasil penelitian semakin meningkat, sehingga tuntutan terhadap hasil penelitian yang berkualitas semakin tinggi.

2. Peran Unit Kerja

LPPM Univrab secara struktural terdiri atas seorang ketua yang dibantu oleh seorang sekretaris, seorang tata usaha, ketua pusat studi wanita dan ketua pusat studi budaya melayu. Kegiatan penelitian dan pengabdian yang dikelola oleh LPPM masih dari pendanaan Universitas yang mulai dilakukan pada tahun 2014. Dewan Redaksi Jurnal Penelitian berada di unit kerja Fakultas yang berkoordinasi dengan LPPM Univrab untuk membantu mempublikasikan hasil-hasil penelitian dosen.

 3. Potensi yang dimiliki di Bidang Riset

Pembiayaan kegiatan penelitian oleh dosen di Univrab dua tahun terakhir (2014-2015) masih berasal dari internal Universitas. Jumlah penelitian yang telah dilaksanakan dan dikelola oleh peneliti melalui LPPM Univrab sebanyak 35 judul dengan dana Rp. 3.000.000/judul. Jumlah penelitian tersebut belum termasuk yang dikelola secara mandiri oleh dosen/peneliti.

Pada tahun 2015, 10 dosen mengusulkan proposal penelitian ke SIMLITABMAS dengan skim dosen pemula untuk pendanaan 2016. Untuk tahun 2016 LPPM menargetkan 30 proposal akan diajukan oleh dosen pada skim dosen pemula, pekerti dan unggulan perguruan tinggi.

 4. Bidang SDM

Dosen. Dosen yang berperan di bidang pendidikan berpotensi untuk menjadi tenaga peneliti di Univrab, yaitu menyebar di empat fakultas yang ada berjumlah 88 orang dengan jenjang pendidikan S2, 88,8% dan S3, 1,2% dengan usia rata-rata kurang dari 40 tahun.

Pegawai Non Dosen. Jumlah pegawai (tenaga administrasi) di LPPM Univrab tahun 2015 sebanyak 3 orang. Semua berpendiikan Sarjana (S1). Tenaga teknisi/laboran yang berperan pada laboratorium Pendidikan, juga berperan membantu dosen dan/atau mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian di berbagai laboratorium atau unit penelitian, namun jumlah maupun mutunya masih dirasakan kurang.

Mahasiswa. Jumlah total mahasiswa tahun 2015 adalah 2.642 orang, namun saat ini hanya sebagian kecil dari mahasiswa S1 yang dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan dosen. Untuk meningkatkan gairah dan partisipasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian, mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan penelitian dan PPM dosen. LPPM telah memberikan persyaratan untuk pengajuan usulan penelitian dan PPM pendanaan dari Universitas wajib melibatkan mahasiswa.

5. Sarana dan Prasarana

Kampus Univrab terletak di pusat Kota Pekanbaru, mempunyai lahan seluas 4 ha. Di atas lahan tersebut terdapat aneka jenis prasarana pendidikan dan fasilitas penunjang, seperti: bangunan kantor dan ruang administrasi, ruang perkuliahan, ruang laboratorium, perpustakaan, fasilitas sosial ekonomi dan lapangan olah raga. Selain itu, terdapat pula prasarana pendidikan di luar lingkungan kampus, yaitu: Rumah Sakit Prof Tabrani. Ruang laboratorium yang digunakan untuk kegiatan bidang pendidikan berukuran 9.815 m2. Laboratorium Pendidikan inilah yang digunakan oleh dosen/peneliti untuk kegiatan penelitiannya. Jadi, laboratorium yang ada baru merupakan laboratorium pendidikan, bukan merupakan laboratorium penelitian.

Laboratorium-laboratorium tersebut juga belum ada yang terakreditasi. Namun, dalam perencanaan ke depan telah dituangkan dalam Renstra Univrab, bahwa akan dibangun dan dikembangkan Laboratorium Penelitian Terpadu yang ditujukan untuk melayani para dosen/penelitian melaksanakan kegiatan penelitiannya. Prasarana penunjang kegiatan penelitian berupa berbagai jenis bangunan/ruang khusunya di LPPM sudah cukup memadai, yaitu terdapat 6 unit ruangan dengan total luas 108 m2, meliputi: ruang pimpinan dan staf administrasi, ruang sidang, ruang tamu, ruang pusat studi wanita dan budaya melayu. Secara umum kuantitas dan kualitas berbagai sarana dan prasarana di Univrab belum optimal, untuk dapat memenuhi kebutuhan civitas akademika yang terus meningkat dan berkembang, seiring dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang juga terus meningkat. Oleh sebab itu, untuk lebih mengoptimalkan kegiatan Tri Dharma, Univrab terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana. Upaya melengkapi sarana dan prasarana, serta memperluas lingkungan kampus terus dilakukan dengan dukungan finansial dari Yayasan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u586555303/public_html/lppm/wp-includes/functions.php on line 3729

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u586555303/public_html/lppm/wp-includes/functions.php on line 3729